Jumat, 21 September 2012

1969 Dodge Charger Daytona

Dengan kegagalan 1969 Dodge Charger 500 pada highbanks dari superspeedways (trek dari satu mil, atau lebih panjang), tahun 1969 Dodge Charger Daytonawas dibuat. Hal itu dimaksudkan untuk menjadi kinerja tinggi, edisi terbatas versi Dodge Chargerproduced pada musim panas 1969 untuk tujuan tunggal memenangkan NASCARraces profil tinggi. Ini memenangkan perlombaan pertama keluar, Talladega perdana 500 di musim gugur, meskipun itu kemenangan yang agak kosong karena semua nama-nama top telah meninggalkan trek pada hari Sabtu dalam sebuah boikot dari ras Talladega 1969. Buddy Baker di Teknik # 88 Chrysler Dodge Charger Daytona adalah pembalap pertama dalam sejarah NASCAR untuk menembus angka 200 mph pada tanggal 24 Maret 1970 di Talladega. 1969 Dodge Daytona memenangi dua balapan pada tahun 1969 dan empat tahun 1970 untuk total 6. Penggantinya, tahun 1970 Plymouth Superbird, memenangkan 8 ras - semua pada tahun 1970. (Dalam sedikit ironi, pada tahun 1969 Daytona menang di Talladega, dan Ford Torino Talladegawon di Daytona.) Ini dibandingkan dengan 29 kemenangan NASCAR untuk Torino 1.969 Ford Talladega, dan 8 untuk Topan 1.969 Mercury Spoiler II. The 1969 Dodge Charger 500 berhasil memenangkan 22 balapan NASCAR selama 1969 dan 1970 musim, namun, semua kecuali satu dari mereka datang kemenangan di trek pendek - beberapa di antaranya masih sedang berjalan pada kotoran pada saat itu.
Salah satu dari lima yang terkenal aero-mobil, Daytona Dodge menampilkan modifikasi tubuh khusus yang termasuk dalam 23 0 (580 mm) stabilizer sayap di dek belakang, lembaran-logam khusus "hidung kerucut" yang menggantikan grill depan tradisional tegak, backlight belakang flush (area jendela belakang), sebuah 'jendela topi' untuk menutup jendela tersembunyi belakang Charger asli, fender depan yang spesifik dan kap yang dimodelkan setelah Charger 1970 mendatang, stainless steel Sebuah pilar-selimut dan fender mount izin ban / rem pendinginan sendok. The Daytona dibangun di atas 500 Charger 1969 dengan spesifikasi trim, yang berarti bahwa ia membawa suspensi tugas berat dan setup rem dan dilengkapi dengan mesin 440 Magnum CID sebagai standar. Dari catatan khusus untuk kolektor adalah 426 opsional CID Hemi V8 engine, yang hanya 70 dari 503 Daytonas dilakukan.
Itu sepupu perusahaan dalam "satu tahun-satunya" tahun 1970 Plymouth Superbird.
The "Warriors bersayap", karena mereka yang dikenal, [rujukan?] Tidak bersaing untuk lama di seri Piala top NASCAR. Karena kecepatan yang luar biasa dan kinerja, NASCAR kemudian mengubah buku peraturan, secara efektif melarang semua lima dari Mobil Aero dari Dodge, Ford, Mercury, dan Plymouth dari kompetisi pada akhir 1970.
Lihat juga Plymouth Superbird, Ford Torino Talladega dan Mercury Topan Spoiler informasi IIfor tambahan tentang mobil aero.
The Daytona Dodge sekarang menjadi koleksi yang sangat langka dan berharga, dengan 440-bertenaga Daytonas mencapai ke enam digit wilayah dan 426 hemi-mobil bermesin melewati angka $ 300.000. The "Super Charger IV EL", yang tampak seperti roadster prototipe spin-off dari Daytona Charger minus atap dan spoiler, dipandang sebagai seorang germo-mobile di Truck 1974 Film Turner. Sebenarnya, itu hanya Charger tua pameran mobil diperbarui dengan hidung Superbird.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar